Cepat rambat gelombang pada dawai

Faktor-faktor yang mempengaruhi kelajuan gelombang transversal pada dawai
Kelajuan gelombang mekanik hanya bergantung pada sifat-sifat medium yang dilaluinya. Kelajuan gelombang laut bergantung pada sifat laut, kelajuan gelombang gelombang bunyi bergantung pada sifat udara yang dilaluinya. Demikian juga kelajuan gelombang pada dawai bergantung pada sifat-sifat dawai. Untuk memperjelas hal ini, terlebih dahulu lakukan percobaan menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi kelajuan gelombang pada dawai.

Berdasarkan percobaan yang dilakukan disimpulkan bahwa kelajuan gelombang pada dawai bergantung pada gaya tegangan dawai dan massa per satuan panjang dawai. Semakin besar gaya tegangan dawai (dawai semakin tegang), gelombang bergerak semakin cepat. Sebaliknya semakin besar massa tali, gelombang bergerak semakin pelan.

Penurunan rumus kelajuan gelombang transversal pada dawai
Penurunan rumus kelajuan gelombang pada dawai merupakan pembuktian secara matematis mengenai faktor yang mempengaruhi cepat rambat gelombang pada dawai.

Kelajuan gelombang pada dawai 1Tinjau sebuah puncak gelombang atau pulsa yang bergerak ke kanan melalui seutas tali (gambar atas). Gambar pulsa diperbesar, disertakan dengan gambar gaya tegangan dawai F yang bekerja pada dawai yang dilalui puncak gelombang (gambar bawah).

Anda perlu masuk untuk melihat isi selengkapnya. Silahkan . Bukan Member? Bergabung

Leave a Reply

error: