Konversi satuan

Konversi satuan dalam sistem satuan yang berbeda

Kita dapat mengubah atau melakukan konversi satuan dalam suatu sistem satuan tertentu menjadi sistem satuan lain, misalnya dari Sistem Inggris menjadi Sistem Internasional atau sebaliknya. Misalnya jika kita mengukur panjang meja menggunakan penggaris berskala inci (Sistem Inggris) dan kita ingin menyatakan panjang meja dalam skala meter (Sistem Internasional) maka kita bisa mengubah atau mengkonversi hasil pengukuran dari satuan inci menjadi satuan meter. Pengubahan satuan seperti ini dapat dilakukan menggunakan faktor konversi satuan.

Faktor konversi satuan besaran pokok - 1Faktor konversi satuan besaran turunan - 1Faktor konversi satuan besaran turunan - 2Faktor konversi satuan besaran turunan - 3Konversi satuan dalam sistem satuan yang sama

Kita juga dapat mengubah satuan dalam sistem satuan yang sama, misalnya satuan dalam Sistem Internasional. Sebagai contoh, kita mengetahui massa suatu benda dalam satuan gram (gr) dan kita ingin mengubahnya menjadi kilogram (kg); atau kita mengetahui jarak dua tempat dalam satuan kilometer (km) dan kita ingin mengubahnya menjadi meter (m). Pengubahan satuan seperti ini dapat dilakukan menggunakan faktor konversi atau menggunakan bantuan tangga konversi.

Tangga konversi satuan massa

Tangga konversi satuan massa

Tangga konversi satuan panjang

Tangga konversi satuan panjang

Faktor konversi satuan SI besaran panjang dan massa

Faktor konversi satuan SI panjang dan massa

Referensi

Download Ebook Besaran dan Satuan

148.88 KB 4235 downloads

(Ukuran kertas : F4, Jumlah halaman : 10)

Materi Pembelajaran

  1. Besaran pokok, satuan SI dan dimensi
  2. Besaran turunan, satuan SI dan dimensi
  3. Satuan, standar, satuan Sistem Internasional dan Satuan Sistem Inggris
  4. Konversi satuan
  5. Analisis dimensi
  6. Notasi ilmiah
  7. Angka penting