Besaran dan satuan

Besaran fisika merupakan segala sesuatu yang dapat diukur secara langsung maupun tidak langsung dan hasil pengukuran dinyatakan dengan angka dan satuan. Tinggi dan massa merupakan contoh besaran fisika yang dapat diukur secara langsung. Contoh besaran fisika yang dapat diukur secara tidak langsung adalah volume. Jika anda ingin mengetahui volume bak air di kamar mandi, maka terlebih dahulu anda ukur panjang, lebar dan tinggi bak menggunakan meteran atau mistar. Selanjutnya kalikan panjang, lebar dan tinggi untuk mengetahui volume bak mandi.

Sebaliknya, segala sesuatu yang tidak dapat diukur dan dinyatakan dengan angka dan satuan tidak termasuk besaran fisika. Mungkin teman anda di sekolah mengagumi anda dan mengatakan anda cantik atau ganteng, walau kenyataannya wajah anda biasa saja :). Cantik atau ganteng tidak bisa diukur. Anda mungkin mengagumi keindahan bunga di taman sekolah… indah juga tidak bisa diukur. Karena tidak bisa diukur dan dinyatakan dengan angka dan satuan maka cantik, ganteng dan indah tidak termasuk besaran fisika. Dapatkah anda menuliskan contoh besaran fisika yang anda ketahui ?

Besaran fisika dikelompokkan menjadi dua, yakni besaran pokok dan besaran turunan. Besaran pokok merupakan besaran fisika yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran lain. Pada tahun 1971, konferensi umum mengenai berat dan ukuran menetapkan tujuh besaran fisika sebagai besaran pokok atau besaran dasar, antara lain panjang, massa, waktu, suhu, kuat arus listrik, jumlah zat dan intensitas cahaya. Besaran turunan merupakan besaran fisika yang diturunkan dari satu atau lebih besaran pokok.Selain tujuh besaran pokok di atas, besaran fisika lainnya termasuk besaran turunan. Dalam pokok bahasan fisika yang akan anda pelajari selanjutnya nanti, anda akan mengenal berbagai besaran turunan.

Download Ebook Besaran dan Satuan

148.88 KB 3576 downloads

(Ukuran kertas : F4, Jumlah halaman : 10)

Materi Pembelajaran

  1. Besaran pokok, satuan SI dan dimensi
  2. Besaran turunan, satuan SI dan dimensi
  3. Satuan, standar, satuan Sistem Internasional dan Satuan Sistem Inggris
  4. Konversi satuan
  5. Analisis dimensi
  6. Notasi ilmiah
  7. Angka penting

Leave a Reply